Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Rio Sarwono

Rio Sarwono atau yang akrab dipanggil Rio adalah satu alumni FISIP Universitas Indonesia yang dikenal sebagai pengusaha di bidang kuliner, penyedia jasa functional hall, dan guest house and residental. Terdorong keinginan besar mendalami ilmu politik, Rio menempuh studi Ilmu Administrasi Negara di FISIP UI pada 1978.

 

Selain ketertarikan kuat di bidang politik, ayah tiga orang anak ini memiliki ketertarikan di bidang dunia reli. Tak tanggung-tanggung, Rio terjun sebagai pereli dan sering mengikuti tur ke berbagai daerah saat menjadi mahasiswa FISIP UI. Pada 1997, ia meraih piala pada kejuaraan dunia yang berlangsung di Medan.  Tak hanya menjadi pereli, pria kelahiran Jakarta, 15 Februari 1958 ini juga aktif dalam Musik Kampus. Ia tak melewatkan kesempatan bekerja di bidang peyelenggaraan kejuaraan reli. Rio tahu betul bahwa masa menjalani studi di kampus membuka kesempatan besar bagi seseorang mencari pengalaman. Dengan harapan, agar kelak lulus, mahasiswa punya bekal pengalaman.

 

Bekal itulah yang mengantarkan Rio menjadi pengusaha sukses. Namun, siapa sangka sebelum menjalani profesi saat ini, Rio pernah menekuni usaha di bidang kontraktor yang dimulainya setelah mengantongi gelar S1 pada 1986. Sayangnya usaha di bidang kontraktor tersebut harus terhenti karena bangkrut di tahun 1988. Kegagalan itu membuatnya tak putus asa dan mendorong dirinya terus belajar bisnis hingga memutuskan untuk melanjutkan sekolah pascasarjana di Prasetya Mulya jurusan Ekonomi dan Bisnis. Sambil menyelesaikan pendidikan S2, Rio tetap menjalankan bisnis EO reli yang sudah ia rintis saat kuliah S1 di FISIP UI. Setali tiga uang, Rio juga dipercaya mengelola sebuah bisnis media otomotif. Semangat belajar yang tak pernah padam, mendorong Rio untuk melanjutkan sekolah pascasarjana di FISIP UI jurusan Manajemen Media di Departemen Komunikasi pada 1999 sebagai bekal dalam mengelola bisnis media tersebut.

 

Pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam mengelola bisnis, membuat Rio Sarwono pernah dipercaya menjadi GM-HR di PT Indofood Sukses Makmur. Tak hanya itu, saat ini Rio adalah Komisaris di PT Mitra Dagang Madani, PT Pulomas Gemala Missori, dan Sirkuitindo Utama Sarana. Di bidang media, Rio juga mengembangkan bisnis media berita online yaitu Mobilinanews.com dan Indonews.com. Rio juga sangat terbuka bagi para alumni/mahasiswa FISIP UI yang ingin menuangkan ide melalui tulisan di situs tersebut.

 

Selain hobi di bidang otomotif dan reli, Mantan Ketua Umum Ikatan Motor DKI Jakarta ini juga memiliki kecintaan pada kuliner tradisional. Berawal dari kecintaannya pada menu Nasi Liwet khas Solo, Rio membuka usaha restoran dan merambah bidang jasa sewa functional hall dan guest house and residental yang tergabung dalam Joglo Group. Rasa cinta kepada kota asal orang tuanya, membuatnya ingin memperkenalkan Solo dari sisi kuliner dan budaya masyarakat. Usaha ini dikembangkannya di bawah paying Joglo Group selama sebelas tahun terakhir. Berkat mengembangkan bisnis kuliner Solo tersebut, ia membuka peluang pekerjaan untuk lebih dari 75 orang Solo. Atas usaha pelestarian kuliner tradisional Solo tersebut, Rio mendapatkan gelar kehormatan K.R.A atau Kanjeng Raden Ario  dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

 

Bagi Rio Sarwono, menjadi alumni FISIP UI adalah hal yang sangat membanggakan. Nilai-nilai yang ia dapatkan selama studi di FISIP UI sangat bermanfaat untuk membangun kariernya setelah lulus. Melalui FISIP UI, Rio juga belajar bagaimana berinteraksi sosial dalam kelompok yang heterogen. Rio memiliki pesan untuk seluruh alumni FISIP UI agar tetap kompak, giat serta selalu cinta kepada almamater. Rio sangat memiliki harapan agar alumni FISIP UI bisa berkolaborasi membangun Indonesia bersama. Ia juga berpesan kepada adik tingkatnya di FISIP UI bahwa untuk mencapai sukses, kita harus bekerja dan menekuni apa yang kita sukai. Do What  We Love! (Teks: Lucky Kusuma Wardani Editor: Dodi Prananda)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *